Sejarah sepatu sepak bola

4-football-boots-history

King Henry VIII tahun 1526

Sepatu sepak bola King Henry VIII dicatatkan dalam Great Wardrobe tahun 1526, daftar belanjaan saat itu. Sepatu tersebut dibuat oleh pembuat sepatu pribadinya Cornelius Johnson di tahun 1525, dengan biaya sekitar 4 shilling, sama dengan 100 pons dalam uang saat ini. Sedikit diketahui tentang sepatu ini, karena tidak ada contoh yang tersisa, tetapi sepak bola kerajaan ini dikenal terbuat dari kulit kuat, engkel yang tinggi dan lebih berat dari sepatu normal saat itu. Sumber dari artikel situs agen sbobet .

1800’an

Bergerak 300 tahun kemudian di mana sepak bola berkembang dan semakin populer di Inggris, tetapi tetap saja sebagai sebuah aktifitas menghabiskan waktu yang tak terstruktur dan informal, dengan tim-tim yang hanya mewakilkan pabrik-pabrik lokal dan desa-desa di tengah negara industri. Pemain mengenakan sepatu kerja mereka yang terbuat dari kulit keras, yang kemudian ditancapkan sebuah besi di bawahnya dan digunakan khusus sebagai sepatu bermain bola. Sepatu bola ini juga memiliki besi yang ditancapkan di bawahnya untuk meningkatkan cengkraman dan stabilitas mereka.

Ketika aturan mulai diterapkan dalam pertandingan di akhir 1800’an, maka terjadilah pergantian sepatu bola menjadi sepatu slipper, dengan pemain dari tim yang sama mulai mengenakan sepatu yang sama untuk pertama kalinya. Aturan ini juga memperkenankan studs atau bagian bawah sepatu, yang dibulatkan. Bagian yang terbuat dari kulit ini, juga dikenal dengan istilah cleats, ditancapkan di masa-masa awal sepatu bola, yang untuk pertama kalinya dipakai secara terpisah dari sepatu kerja mereka. Sepatu bola ini punya bobot sekitar 500 gram dan terbuat dari kulit tebal dan keras serta tinggi menutupi engkel untuk perlindungan ekstra. Sepatu sepak bola ini akan lebih berat dua kali lipat ketika pasha dan memiliki enam studs di bagian bawahnya. Bagaimana pun juga, sepatu bola sudah terlahir.

Sejak saat itulah inovasi bentuk dan model sepatu mulai berkembang. Perubahan model sepatu terjadi sangat lambat dan memerlukan waktu selama puluhan tahun sampai model terbaru keluar. Berbeda dengan sekarang, di mana setiap model dengan teknologi yang berbeda muncul dengan begitu sangat cepat dalam hitungan bulan saja.

Clip to Evernote